Headlines News :
Home » » ORIENTASI PEMBIMBING MANASIK HAJI KEMENAG LAMBAR

ORIENTASI PEMBIMBING MANASIK HAJI KEMENAG LAMBAR

Written By Unknown on Kamis, 17 Desember 2015 | 3:12 PM

(Liwa, Inmas) Ibadah haji merupakan rukun Islam yang kelima yang menjadi dambaan setiap muslim untuk melaksanakannya bagi yang telah memenuhi persyaratan mampu atau istitha’ah baik secara fisik, materi terlebih lagi mampu dalam pelaksanaan manasik.
Dalam kaitannya dengan bimbingan terhadap calon jemaah haji/jemaah haji, peran instruktur pembimbing jemaah haji sangat penting, oleh karena itu Kemenag Kab. Lampung Barat mengadakan Orientasi Pembimbing Manasik Haji yang diharapkan instruktur pembimbing calon jemaah haji dapat memperoleh pengetahuan, keterampilan dan sikap serta memiliki kompetensi agar berperan dalam proses pembelajaran dan bimbingan terhadap calon jemaah haji/jemaah haji.
Kegiatan Orientasi Pembimbing Manasik Haji yang dilaksanakan pada hari ini Senin 20 April 2015 bertempat di Aula Hotel Sahabat Utama Liwa Lampung Barat ini diikuti oleh 60 orang berasal dari utusan KUA Kecamatan, Penyuluh, Utusan dari Kemenag Kab. Lampung Barat, utusan dari KBIHdan pihak pihak yang berkompeten.
Dalam sambutannya sekaligus memberikan materi Peran strategis Kepala KUA dan PAI dalam Bimbingan Manasik Haji Drs. H. Khobiran syah, M.Pd.I menegaskan kepada seluruh peserta orientasi untuk memberikan pelayanan prima mulai dari manasik, keberangkatan hingga pemulangan jama’ah haji.
“Peningkatan pembinaan, pelayanan dan perlindungan terhadap calon/ jemaah haji antara lain melalui penyempurnaan system dan manajemen penyelenggaraan jemaah haji dari tahun ke tahun ditingkatkan, penyempurnaan system dan manajemen tersebut dimaksudkan agar calon jemaah haji lebih siap dan mandiri dalam menunaikan ibadah haji sesuai dengan tuntutan agama sehingga diperoleh haji mabrur”. Tegasnya
Kegiatan dilanjutkan dengan materi Kebijakan Pemerintah Tentang Penyelenggaraan Ibadah Haji yang seyogyanya disampaikan oleh  Kepala Bidang PHU Kanwil Kemenag Provinsi Lampung yang diwakili oleh H. Abdul Basid, S.Ag., M.Ag, Kebijakan Pengelolaan Dana Haji oleh Kepala Seksi Pengelolaan Dana Haji Kanwil Kemenag Prov. Lampung dan Menuju Pembimbing Manasik Haji yang Profesional oleh Kepala Seksi PHU Kemenag Kab. Lampung Barat
Setelah mengikuti orientasi pembimbing manasik haji 1435 H/2015 M diharapkan pembimbing professional dan bertanggung jawab dalam melaksanakan tugasnya. Kegiatan ini juga ditujukan memberikan bekal kepada Calon Pembimbing Manasik Haji Kantor Kementerian Agama Kab. Lampung Barat sebagai pelayan masyarakat dalam membimbing calon jamaah haji. (IIF/KST-KLB)
Share this article :

Kan Kemenag Lambar

Kan Kemenag Lambar

Berita Online

 
Support : Creating Website | Johny Template | Mas Template
Proudly powered by Blogger
Copyright © 2011. Kemenag lampung barat - All Rights Reserved
Template Design by Creating Website Published by Mas Template